SILATURAHIM VIRTUAL APRIPSI DENGAN PRODI TADRIS IPS DIBAWAH KEMENTRIAN AGAMA RABU, 16 NOPEMBER 2022 M / 21 RABIUL AKHIR 1444 H

Menindak Lanjuti Rekomendasi dan Amanat Rapat Pengurus APPRIPSI Pada Hari Sabtu, tanggal 12 Nopember 2022 M / 17 Rabiul Akhir 1444 H di Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin agar diadakan Silaturahim Khusus PTKIN dan PTKIS Prodi Tadris IPS dibawah Kementrian Agama, disepakati Silaturahim diadakan Secara Virtual Pada Hari Rabu Tanggal 16 Nopember 2022 M / 21 Rabiul Akhir 1444 H Pukul 19.30 WIB – 21.00 WIB dimana Penangung Jawabnya adalah Asnan Purba,Lc.M.Pd.I dari Prodi Tadris IPS IAI Tazkia Bogor yang juga Pengurus APRIPSI Periode 2022-20227.
Adapaun agendannya adalah Silaturahim, Diskusi dan Tanya Jawab seputar permasalahan prodi PTKIN dan PTKIS dibawah Kementrian Agama dan sebagai bahan untuk implementasi Program Kerja APRIPSI Periode 2022-2027. Angket yang telah disebar sebelum kegiatan ini berlangsung juga menjadi bahan yang dipresentasikan dalam kegiatan Silaturahim Virtual ini, dimana secara umum berkisar seputar Kepangkatan, Kurikulum, Akreditasi, Jurnal dan Kebutuhan Dosen sesuai bidang Pendidikan IPS.

Dalam sambutannya Ketua Umum APRIPSI Prof. Dr. Drs. Ersis Warmansyah Abbas, BA, M.Pd. menyampaikan bahwa APRIPSI sangat ingin menjadikan teman-teman Prodi dibawah Kementrian Agama dapat bersinergi dan bekerjasama, tidak boleh lagi merasa tidak memiliki Lembaga Asosiasi ini, karena wadah ini dibangun untuk memajukan dan membantu menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi di Prodi Pendidikan IPS maupun Tadris IPS. Sementara itu Dr. Alfiana Yuli Efiyanti, S.E., M.A. dari Prodi Pendidikan IPS UIN Malang yang mewakili peserta dari Prodi PTKIN dan PTKIS dalam sambutannya menyampaikan bahwa memang Kurikulum di Kementrian Agama punya Keunikan dan Kekhasan sendiri, ditambah dengan adanya Kurikulum Wajib Keislaman yang sama sekali tidak terkait dengan Pendidikan IPS, harapannya adanya Silaturahim ini membuat Sekat-sekat dan Perbedaan Kurikulum dengan teman-teman Prodi di Kemenristekdikti menjadi terselesaikan.
Acara dilanjutkan dengan Sesi Diskusi dan Tanya Jawab perihal seputar permasalahan di Tadris IPS mulai dari Jurnal Pendidikan IPS, Kepangkatan Dosen, Kebutuhan Dosen, Dosen Tamu, Akreditasi Prodi serta Kerjasama dalam bentuk MBKM dan Kurikulum Bersama. Dalam Kesempatan ini juga SekJen APRIPSI Dr. Supardi, S.Pd., M.Pd. menambahkan kami akan coba klasifikasikan satu persatu permasalahan Bapak dan Ibu, lalu kami akan petakan mana yang bisa dikerjakan APRIPSI, lalu antar Prodi disinergikan, serta mana yang harus diselesaikan ditingkat atas dengan Koordinasai ke Pemangku Kebijakan dari Kemenristekdikti dan Kementrian Agama. Beliau juga menginformasikan pentingnya mendaftarkan diri untuk menjadi Asesor Akreditasi karena hampir tidak ada Asesor dari teman-teman Kementrian Agama. Begitu juga Informasi dari salah satu Pengurus APRIPSI Periode ini Dr. Siti Fatimah, M.Pd, M.Hum. menegaskan pentingnya Asosiasi ini agar semua permasalahan bisa lebih cepat diselesaikan ketimbang mengandalkan Komunikasi dari Lembaga Prodi yang bersangkutan.
Acara ditutup dengan semangat bersama memajukan Pendidikan IPS dengan sinergi maksimal bersama APRISPI untuk pengembangan dan peningkatan kualitas Prodi serta lulusannya, lalu dilanjutkan dengan sesi fhoto bersama.. #APRIPSIJAYA

Leave a Reply

Your email address will not be published.