Sambutan Dekan

Tarbiyah

Assalamualaikum Wr.Wb

Alhamdulillah bersyukur kepada Allah SWT Fakultas Tarbiyah Institut Tazkia telah lahir pada tanggal 22 Mei 2019 M / 17 Ramadhan 1441 H. Fakultas Tarbiyah ditugaskan untuk mengembangkan ilmu keguruan dan pendidikan Islam melalui kegiatan pembelajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. Program Studi yang pertama dibuka adalah Tadris IPS dengan mengintegrasikan dengan pendidikan ekonomi syariah.

Pada sisi lain, lahirnya Fakultas Tarbiyah tidak bisa dipisahkan dari bagian penting perjalanan pertumbuhan ekonomi syariah di Indonesia. Kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya pada bidang pendidikan ekonomi syariah pada pemenuhuan guru-guru ekonomi syariah baik ditingkat Dasar dan Menengah. Sampai saat ini, 2021 belum ada lembaga pendidikan tinggi yang menyediakan Program Studi Pendidikan Ekonomi Syariah. Selain itu, dalam rangka pemenuhan tenaga pendidik profesional pada lembaga keuangan, bisnis dan industri syariah.

Oleh karena itu visi yang dikembangkan adalah “Menjadi Fakultas Tarbiyah Pilihan Bagi Calon Pendidik dan Pengembang Masyarakat Berbasis Tekhnologi Digital Berkarakter T.A.Z.K.I.A pada tahun 2025”. Visi ini selaras dengan visi Institut Tazkia yaitu “Menjadi Perguruan Tinggi Pilihan Bagi Calon Pemimpin Bisnis dan Profesional Kelas Dunia Berbasis Tekhnologi Digital Berkarakter T.A.Z.K.I.A pada tahun 2025”.

Fakultas Tarbiyah memulai penerimaan mahasiswa baru pada bulan September tahun akademik 2018/2019. Semenjak berdirinya, Fakultas Tarbiyah secara berkelanjutan terus melakukan program peningkatan kompetensi, soft skills, kepemimpinan, prestasi, manajerial mahasiswa baik dalam bidang akademik maupun non akademik. Fakultas Tarbiyah telah membentuk wadah kegiatan organisasi kemahasiswaan yaitu BEM Fakultas, Himpunan mahasiswa Program Studi Tadris IPS (HIMTAS). Selain itu, mahasiswa terus di dorong untuk aktif pada kegiatan bakat, minat dan penalaran yang ada di organisasi kemahasiswaan di bawah binaan Instuitut Agama Islam Tazkia.

Sumber Daya Manusia (SDM) baik dari dosen dan tenaga kependidikan, dikembangkan dan dikelola sesuai kebutuhan dan jumlah mahasiswa dan rencana pengembangan ke depan. Keseluruhan dosen telah memiliki Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN), bersertifikat sebagai tenaga pendidik dan mendapatkan kesempatan izin belajar pada jenjang Doktoral. Sementara para tenaga kependidikan dikembangkan dengan berbagai pelatihan dalam rangka peningkatan kompetensi dan budaya kerja.

Untuk pendidikan dilaksanakan dengan merujuk kepada Standar Nasional Pendidikan dan standar lainnya berdasarkan kebutuhan pengembangan akademik internal saat ini. Untuk efektifitas penyelenggaraan pendidikan, Fakultas Tarbiyah telah menggunakan sistem informasi akademik dan keuangan (SMILE) dan mesin RFID pada setiap perkuliahan dan LCD di seluruh ruang kelas dengan jangkauan internet yang sangat memadai yang telah terintegrasi dengan e-learning.

Penelitian bersumber dari fenomena dimasyarakat dan perkembangan ilmu pendidikan yang sudah dirumuskan dan direncanakan dalam Rencana Induk Penelitian (RIP) Fakultas dan Program Studi dengan mengacu kepada Rencana Induk Penelitian yang ada di Institut. Dalam pelaksanaannya dipantau dengan program Monday Forum yang diadakan rutin pada setaip hari Senin. Kegiatan ini untuk mempresentasikan rencana penelitian dan menyajikan hasil-hasil penelitian yang sudah dilakukan oleh dosen dan mahasiswa.

Untuk pengabdian kepada masyarakat didasarkan kepada kebutuhan masyarakat dan peningkatan kualitas peserta didik, perkembangan pendidikan di masyaraat dan kebutuhan lembaga keuangan dan industri syariah lainnya. Pelaksanaan pengabdian masyarakat mengacu kepada rencana yang sudah tertuang dalam RIP Fakultas dan Institut. Dalam pelaksanaannya dipantau dengan program Monday Forum yang diadakan rutin pada setiap hari Senin. Kegiatan ini untuk selain mempresentasikan rencana penelitian dan menyajikan hasil-hasil penelitian dosen dan mahasiswa, juga rencana pengabdian dan hasil dari pengabdian masyarakat.

Insya Allah dalam lima tahun ke depan, Fakultas Tarbiyah sudah dapat memiliki tiga Program Studi tambahan yaitu Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab dan Manajemen Pendidikan. Insya Allah dengan cara seperti ini, Fakultas Tarbiyah dapat memberikan warna dan manfaat bagi perkembangan pendidikan di Indonesia.

 

Dr. Andang Heryahya, M.Pd
Dekan Fakultas Tarbiyah Institut Tazkia